Reza Bukan Membantah Kepemilikan Narkoba Pada Sidang

Reza Bukan Membantah Kepemilikan Narkoba Pada Sidang

beritagosip.org – Aktor komedi dan presenter Riza Bukan sedang menjalani persidangan atas kasus kepemilikan obat-obatan terlarang jenis sabu,Reza Bukan mengklaim narkoba yang ditemukan aparat kepolisian di gudang rumahnya di bilangan Cengkareng, Jakarta Barat, saat penggeledahan dan penangkapan pada 30 Juni 2018 lalu, bukan miliknya. Dia pun berani bersumpah bahwa barang haram itu memang bukan miliknya.

“Demi Tuhan saya bersumpah bahwa barang tersebut bukan milik saya. Begitu juga saya menyampaikan kepada petugas kepolisian pada malam itu,” kata Reza Bukan di hadapan majelis hakim PN Jakarta Barat dalam sidang eksepsi, Rabu (14/11).

Reza Bukan sebelumnya mengungkapkan kenapa dirinya diintai aparat kepolisian hingga dilakukan penangkapan di rumahnya di bilangan Cengkareng, Jakarta Barat.

Pria yang berprofesi sebagai presenter ini mengaku bahwa proses penggeledahan hingga penangkapan terhadap dirinya tidak melalui prosedur yang benar. Karena ketika itu tidak didampingi oleh saksi dan tidak ada pemberitahuan ke RT/RW setempat.

“Para saksi saat ingin masuk rumah saya, belum meminta izin atau memberi tahu ketua RT dan ketua RW yang saya tempati. Melainkan mengatakan atas laporan masyarakat, atau mengatas namakan laporan masyarakat, padahal tidak jelas masyarakat siapa, dan identitas masyarakatnya,” papar Reza Bukan.

Baca juga:

 

“Mendapat laporan dari masyarakat bahwa ada seseorang yang dicurigai diduga orang tersebut melakukan penyalahgunaan narkotika jenis sabu di wilayah Cengkareng Jakarta Barat. Kemudian para saksi menindak lanjuti informasi tersebut dengan mendatangi lokasi yang dimaksud,” ungkap Reza Bukan, di hadapan majelis hakim.

Reza Bukan berpendapat bahwa majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat tidak berhak untuk menangani kasusnya. Perkara ini harus diuji terlebih dahulu di meja sidang pra-peradilan.

“Pengadilan Negeri Jakarta Barat tidak dapat memeriksa materi pokok berita acara pemeriksaan, masih harus diuji pada pra peradilan,” tutur Reza Bukan.

Sama seperti sidang sebelumnya, terdakwa tidak didampingi kuasa hukum. Reza Bukan menghadapi proses hukum yang menjeratnya seorang diri meskipun pasal yang didakwakan kepadanya terbilang berat. Reza Bukan terancam hukuman antara 4 sampai 15 tahun penjara.

Related posts