Tips Hilangkan Rasa Bosan Kuliah Online

Tips Hilangkan Rasa Bosan Kuliah Online

Tips Hilangkan Rasa Bosan Kuliah Online – Kulaih online memang tidak pernah terbayangkan oleh para mahasiswa, dengan penerapan kuliah online para mahasiswa seringkali mengalami kendala hingga merasa bosan.

Selama satu semester Universitas di Indonesia masih melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring salah satunya Universitas Darma Persada. Tak jarang banyak mahasiswa yang mengeluh akibat pembelajaran sistem daring ini. Apa saja tips yang mereka berikan agar tidak jenuh selama perkuliahan daring?

“Umm, bosen palingan karena kebanyakan sendiri gak ada temen ngobrol, kaya ngerasa monoton aja ngelakuin hal-hal yang sama dan kalau buat gak bosen biasanya luangin waktu buat ngelakuin apa yang gue suka dulu, kalau ‘dah bosen ngelakuin yang gue suka baru deh belajar lagi wkwkw. Pokoknya tau waktu dan jangan sampe nunggak tugas dari dosen” kata Aninda Azzahra, jurusan Bahasa dan Kebudayaan Inggris.

Reni Wulandari, mahasiswi jurusan Sistem Informatika mengatakan “Biasanya biar ngga bosen selama dosen nerangin, aku suka nyari tempat yang nyaman, biasanya di kamar. Terus biar ngga bosen aku suka makan permen, kadang sambil buka sosmed juga sih tapi sebentar aja.”

Tak jauh berbeda, Aqiela Fadia Rahma dari jurusan Manajemen education blog mengungkapkan agar tidak bosan ia melakukan kegiatan seperti membuka sosial media. Selain itu, Aqiela juga mengerjakan tugas bersama teman melalui zoom untuk mempelajari lagi materi yang dijelaskan dosen jika kurang mengerti.

Ines Puspita Sari dari jurusan Bahasa dan Kebudayaan Inggris juga merasa bersyukur karena masih bisa menjalani kuliah meski dalam situasi yang seperti ini. Ia juga yakin setelah melalui masa pandemi ini, mereka akan menjadi orang yang lebih baik ke depannya.

1. Siapkan mental dengan baik

Sebelum perkuliahan dimulai, alangkah lebih baik jika kamu menyiapkan mental dan semangat yang baik. Dengan begitu kamu akan mulai nyaman dalam melakukan kegiatan belajar online.

2. Buat jadwal kuliah online

Biar perkuliahanmu belajar dengan lancar, kamu harus membuat jadwal kuliah online mu. Jangan sampai kamu lupa membuat jadwal dan berakhir gak mengikuti kegiatan kuliah.

Agar mudah mengingat jadwal kuliah, kamu bisa memasang jadwal belajar di meja belajarmu atau amu juga bisa menyimpannya di catatan handphone. Lama-lama kamu pasti ingat kok sama jadwal perkuliahan tersebut.

3. Pilih gaya belajar yang kamu sukai

Hal paling penting dalam proses belajar adalah mengetahui gaya belajar yang paling disukai oleh diri sendiri. Dengan begitu kamu akan lebih nyaman untuk menyerap materi yang diberikan oleh dosen.

4. Pilih tempat belajar yang nyaman

Belajar membutuhkan tempat yang nyaman dan aman. Buat kamu yang gak suka diganggu saat belajar, kondisi tempat belajar yang nyaman sangatlah dibutuhkan. Belajar di tempat yang nyaman pasti akan meningkatkan daya konsentrasi mu menjadi lebih tinggi lho.

5. Menyiapkan properti belajar

Selama mengikuti kegiatan belajar online, kamu harus menyiapkan properti belajar sebelum mengikuti proses belajar mengajar. Kamu wajib mengecek koneksi internet, laptop, hingga properti pendukung lain yang membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan asik.